Kamis, 06 Oktober 2011

demodisiosis


Demodisiosis adalah infestasi oleh Demodex folliculorum.
Taksonomi Demodex folliculorum
Kingdom:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Subkelas:
Superordo:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Genus:
Demodex
Morfologi
Demodex folliculorum termasuk famili demodicidae. Demodex folliculorumadalah tungau folikel rambut berbentuk panjang menyerupai cacing semi transparan dengan 2 gabungan segmen tubuh berukuran 0,1-0,3 mm dan berkaki empat pasang yang letaknya berdekatan serta mempunyai abdomen dengan garis-garis transversal. 4 pasang kaki terdapat pada segmen tubuh bagian pertama. Tubuhnya tertutup rangka luar dan mempunyai mulut untuk memakan sel kulit, hormon, dan air yang terdapat di folikel rambut. Demodex folliculorum betina lebih pendek dan membulat daripada Demodex folliculorumjantan. Tungau ini juga mampu berjalan di permukaan kulit dengan kecepatan 8-16 cm per jam.
Siklus hidup Demodex folliculorum
Siklus hidup Demodex folliculorum berlangsung selama 18-24 hari dalam tubuh hospes. Baik jantan maupun betina memilki lubang genital untuk melakukan perkawinan. Perkawinan berlangsung di folikel rambut dan kelenjar keringat. Betina bertelur dan meletakan telurnya sebanyak 20-24 di folikel rambut. Larva yang memiliki 6 kaki menetas pada hari ke 3-4. 7 hari Kemudian, larva berkembang menjadi dewasa.
Patologi dan gejala klinis
Parasit ini hidup di folikel rambut dan kelenjar keringat terutama di sekitar hidung dan kelopak mata sebagai parasit permanen. Kadang-kadang tungau ini ditemukan di bagian tubuh lain seperti kulit kepala. Demodex folliculorum dapat menyebabkan kelainan berupa blefaritis, akne, rosasea dan impetigo kontagiosa yang disertai rasa gatal dan dapat terjadi infeksi sekunder. Umumnya, rosasea terdiri dari beberapa tahap ( tidak semua orang mengalami semua tahap ini) . Tahap ini adalah
§ Flushing: timbul kemerah-merahan secara periodik pada wajah
§ Inflammatory lesions: papula, pustul
  • Edema
  • Telangiectasias (pelebaran pembuluh darah) mungkin terjadi beberapa waktu
  • Ocular rosacea mungkin terjadi (rasa panas pada mata dan mata berair )
  • Rhinophyma mungkin terjadi pada tinkat lanjut ( hidung bengkak dan kemerahan)
Tungau yang hidup di saluran kelenjar folikel di pinggir mata dapat mengganggu penglihatan penderita.
 
Gambar 1: Sejumlah papula tersebar di wajah dan leher.
Diagnosis
Diagnosis dengan menemukan Demodex folliculorum dari folikel rambut dan kelenjar keringat .
Pengobatan
Pengobatan demodisiosis pada kulit dapat dilakukan dengan olesan salep linden atau salep yang mengandung sulfur. Pengobatan lainnya adalah asam salisilat, metronidazol, krotamiton, lindane, and sublimed sulphur, oral metronidazole, oral ivermektin dan topical permethrin, and oral or topical retinoids . Papula pada wajah dapat disembuhkan setelah pengobatan dengan metronidazol secara sistemik dan topical selama 3 minggu dan terapi prednisolon dosis rendah secara oral.
Epidemiologi
Infeksi tungau ini adalah kosmopolit terjadi di seluruh di dunia dan dianggap tidak berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar