Kamis, 06 Oktober 2011

TAHUKAH ANDA AREA PEKERJAAN PERAWAT PROFESIONAL (REGISTERED NURSE)


Dari uraian organisasi profesi di Amerika Serikat ternyata perawat teregister mempunyai berbagai lingkup atau area pekerjaan antara lain :
1. Hospital Nurses (perawat rumah sakit)
Adalah kelompok terbesar dari seluruh perawat. Pada umumnya para perawat memberikan asuhan keperawatan dan memberikan tindakan keperawatan. Mereka diatur pekerjaanya oleh supervisor. Perawat di rumah sakit akan ditugaskan dibagian-bagian seperti bedah,maternitas,anak,gawat darurat,intensive care unit, ruang perawatan kanker dll.
2. Perawat Klinik/Office Nurses
Memberikan asuhan keperawatan pada pasien yang berobat jalan, dipoliklinik atau di medical center, diambulatory surgical centers, emergensi medical centrers.Tugasnya mempersiapkan pasien dan membantu persiapan pemeriksaan, memberikan obat dan suntikan, membalut luka dan inscisi, membantu operasi minor, serta melakukan pendokumentasian , terkadang juga melakukan pemeriksaan laboratorium rutin dan pekerjaan administrasi lainya.
3. Nursing Care Facility/ Fasilitas Pelayanan Keperawatan
Perawat mengatur pelayanan perawatan pada pasien-pasien fraktur sampai Alzheimer’s disease.Registered nurse mengkaji kesehatan penduduk, mengembangkan rencana pengobatan, mengawasi pkerjaan ‘licensed practical nurses’ dan ‘nursing aides’ dan melaukukan prosedur invasive misalnya memasang infuse. Mereka bekerja dibagian khusus misalnya unit rehabilitasi untuk pasien stroke dan trauma kepala.
4. Home Health Nurse
Memberikan pelayanan keperawatan pasien dirumah. Seorang registered nurse mengkaji lingkungan pasien dan memberi petunjuk kepada pasien dan keluarganya. Perawat ini akan memberikan pelayanan keperawatan secara luas dan sebagai manajer kasus misalnya pada pasien yang baru sembuh ari penyakit atau kecelakaan, kanker dan melahirkan. Mereka akan bekerja sendiri (independen) dan juga mensuvervisi pembantu/penunggu orang sakit dirumah.
5. Public Health nurses
Bekerja pada agensi pmerintahan maupun swasta termasuk klinik, sekolah-sekolah, komunitas pensiun dan berbagai pelayanan komunitas. Fokus mereka adalah meningkatkan kesehatan komunitas, individu dan keluarga. Mereka bekerjasama dengan komunitas untuk membantu merencanakan dan mengimplementasikan program. Public health nurses memberikan petunjuk kepada individu, keluarga dan kelompok sehubungan dengan isu-isu kesehatan seperti pencegahan penyakit, nutrisi, perawatan anak. Mereka memberikan imunisasi, mengecek tekanan darah dan screening kesehatan lainya. Perawat ini bekerja dengan kepala desa,pemuka agama,guru-guru, orang tua dan dokter untuk memberikan pendidikan kesehatan.
6. Occupational Health Nurses / Industrial Nurses
Memberikan pelayanan keperawatan pada tempat kerja karyawan yang mengalami kecelakaan kerja atau sakit. Mereka memberikan asuhan keperawatan gawat darurat, mempersiapkan laporan kecelakaan dan mempersiapkan pelayanan lanjutan yang diperlukan. Mereka juga memberikan pelayanan konseling kesehatan, melakukan pemeriksaan kesehatan, mengkaji lingkungan kerja untuk mengidentifikasi masalah kesehatan actual dan potensial.
7. Head Nurses atau Nurse Supervisor
Para manajer kperawatan ini mengatur aktifitas pelaynan keperawatan, kususnya rumah sakit. Mereka membuat rencana jadwal/schedule dan mengorganisasi pekerjaan perawat dan pembantu perawat sesuai dengan metode penugasanya, mempersiapkan pendidikan tambahan atau training. Mereka mengobservasi seluruh pasien di unitnya dan memastikan bahwa semua pasien telah memperoleh pelayanan keperawatan yang baik. Mereka juga bertanggungjawab bahwa semua kejadian telah didokumentasikan serta menyiapkan peralatan serta bahan-bahan lain yang diperlukan untuk memberikan pelayanan keperawatan.
8. Nurse Practitioner
Memberikan pelayanan kesehatan primer yang dasar. Mereka mendiagnosa dan memberikan pengobatan pada penyakit yang umum dan kecelakaan. Nurse Practioner boleh membuat resep obat yang diijinkan oleh pemerintah setempat (yang berbeda aturanya untuk masing-masing negara bagian)
9. Clinical Nurse Specialists, Certified Registered Nurse Anesthetists dan Cerified Nurse Midwives.
Tingkat ini yang tertinggi di lingkup kerja keperwatan. Para ahli/specialist klinik keperawatan ini harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan mempunyai pengalaman klinik yang lama dan luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar